Kamis, 18 Oktober 2018

Koordinasi Gerakan Pengendalian Hama Padi

Hari ini di BPP Galur mengadakan Pertemuan Koordinasi Gerakan Pengendalian (Gerdal) OPT Tanaman Padi TA 2018 di Kelompok Tani Sri Rahayu 3 Tirtorahayu.
Dihadiri dari :
1. BPTP DIY
2. Laboratorium BPTP DIY
3. Dinas Pertanian dan Pangan KP
4. Koordinator POPT KP
5. Camat Galur
6. Babinsa
7. Desa Tirtorahayu
8. Tim BPP Galur
9. RPT Binangun
10. Anggota KT Sri Rahayu  III
Dalam pertemuan ini diinformasikan bahwa Dinas Pertanian DIY melalui BPTP DIY akan memfasilitasi gerakan pengendalian OPT padi dengan menggunakan agensia hayati untuk KT Sri Rahayu 3.
Gerdal akan dilaksanakan Hari Selasa, 23 Oktober 2018 jam 14.00 WIB sampai dengan selesai di Bulak Suwates Desa Tirtorahayu.
Kepala Laboratorium BPTP mengungkapkan bahwa agensia hayati termasuk jenis musuh alami dari golongan pathogen.cara kerja Agensia hayati jenis  jamur yaitu beveria bassiana masuk ke dalam tubuh serangga hama dengan cara memberi penyakit pada tubuh serangga, sehingga mati secara perlahan. Agensia ini ramah lingkungan, tidak merugikan jenis musuh alami dari golongan predator. Untuk melestarikan musuh alami, diharapkan di lahan sawah ditanami tanaman refugia, yang mana bahan pangan musuh alami dari golongan predator bisa didapat dari tanaman refugia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar