Sabtu, 20 Oktober 2018

Gerakan pengendalian hama padi

Kegiatan di BPP Galur saat ini masih disibukkan dengan gerdal atau gerakan pengendalian, gerdal opt padi musim ini sangat dianjurkan karena pengalaman dari tahun lalu, serangan hama wereng sangat merugikan petani.
Gerakan pengendalian OPT padi hari Jumat, 19 Oktober 2018 dilaksanakan di 2 titik di wilayah BPP Galur, yaitu lahan Kelompok Tani Jati Makmur Desa Banaran dan bulak jeronan yang termasuk dalam KT Sedyo maju Brosot. Pelaksanaan Gerdal dimulai pukul 06. 30 WIB. Alhamdulillah kegiatan ini mendapat tanggapan yang sangat baik dari petani. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kehadiran yang cukup banyak sekitar 30 - 40 orang di tiap kelompoknya. Babinsa dan Kades Banaran beserta stafnya pun turut hadir dalam gerdal kali ini. Populasi wereng di lahan sawah sebenarnya belum terlalu banyak, namun pencegahan dan pengendalian sejak dini lebih bijaksana untuk hasil panen padi yang lebih baik.
Pengendalian hama padi menggunakan beberapa agens hayati meliputi jamur beveria bassiana, paeny bassilus, serta pgpr. Agens hayati beveria bassiana dapat mengendalikan hama wereng dan walang sangit, paeny bassilus untuk mencegah adanya serangan jamur blb atau kresek sedangkan pgpr bertujuan untuk mendorong pertumbuhan tanaman yang lebih baik. Gerdal diakhiri pada pukul 09.00 WIBB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar